Tetap Perketat Prokes, Omicron Masih Belum Ada Obatnya

Rabu, 22 Desember 2021 - 18:19 WIB
loading...
Tetap Perketat Prokes, Omicron Masih Belum Ada Obatnya
Varian baru Covid-19, Omicron menjadi ancaman nyata masyarakat global saat ini, terkhusus Inggris dengan jumlah kasus tertinggi di dunia. / Foto: ilustrasi/the sun daily
A A A
JAKARTA - Varian baru Covid-19 , Omicron menjadi ancaman nyata masyarakat global saat ini, terkhusus Inggris dengan jumlah kasus tertinggi di dunia.

Indonesia hingga saat ini melaporkan 3 kasus Omicron yang kesemuanya ditemukan di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

Ahli Kesehatan yang juga guru besar Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI, Prof Ari Fahrial Syam bahkan mengimbau kepada pemerintah daerah agar melarang pesta perayaan di malam tahun baru.

Baca juga: Varian Omicron Mulai Menyerang, Begini Cara Melawannya

Langkah tersebut diharapkan bisa meminimalisir penyebaran virus, termasuk Omicron di antara masyarakat.

Masih perlu banyak informasi terkait dengan varian Omicron ini. Termasuk apakah sudah ada obat untuk mengatasi Omicron?

Dijelaskan Dokter Spesialis Patologi Klinik Primaya Hospital Bekasi Timur, dr Muhammad Irhamsyah, SpPK, hingga kini Omicron belum ada obatnya. Jadi, penanganan infeksi Covid-19 varian Omicron masih berfokus pada pengobatan gejala yang muncul.

"Langkah utama untuk sembuh dari Covid-19 adalah menjalani isolasi dan melapor ke fasilitas layanan kesehatan setempat. Penanganan sangat tergantung pada keparahan gejala," beber dr Irhamsyah dalam keterangan resmi yang diterima MNC Portal, Rabu (22/12/2021).

Jadi, dapat ditegaskan sekali lagi bahwa hingga sekarang belum ada obat yang tersedia untuk mengobati Omicron. Semua berdasar pada gejala yang muncul saat tubuh terpapar Omicron.

Dokter Irhamsyah menyarankan agar pasien mengikuti rekomendasi medis dari dokter yang menangani, terutama soal konsumsi obat-obatannya. Artinya, konsumsi obat sesuai dengan apa yang diresepkan dokter saja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)